Januari 13, 2011

Perusak Keikhlasan

Perusak-perusak keikhlasan:
1. Riya

Yaitu seseorang melakukan suatu amalan/ibadah agar dilihat orang lain. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam: "Sesungguhnya hal yang paling aku takutkan menimpa kalian yaitu syirik ashgor/kecil. Para sahabat bertanya: dan apakah yg dimaksud syirik ashgor itu ya Rasulullah? Nabi bersabda: Riya." (HR Ahmad & dishahihkan Syeikh Albani)

2. Sum'ah

Penyakit ini adalah saudara kandung riya, tidak ada perbedaan diantara keduanya kecuali dari segi sarana. Riya dengan penglihatan sedangkan sum'ah dengan pendengaran.


Kesimpulan:

Sum'ah yaitu seseorang beramal/beribadah agar didengar orang lain. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa yang beramal dengan sum'ah maka Allah akan perdengarkan manusia akan niatnya ini pd hari kiamat dan barangsiapa yang beramal dengan riya maka Allah akan memperlihatkan niat dia kepada manusia pada hari kiamat." (HR Muslim)

3. Beribadah dengan tujuan dunia.

Contoh: orang yang berinfaq 10rb dg tujuan agar mendapatkan 7juta.


Firman Allah: "Barangsiapa yg menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna(sesuai dengan yang Allah kehendaki dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan (15) Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan". (QS Hud: 15-16)


Wassalam

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Around The World - Japan


3 hal untuk menciptakan pasar

1. Jadilah yg pertama,
2. Jadilah yg berbeda atau Unik
3. Jadilah yg terbai
k.


"Kesuksesan bukanlah sebuah hal kebetulan, Sukses adalah hasil rangkaian pemikiran, persiapan, Bertindak, ulet dan gigih. jadikan sebuah kebiasaan maka Kesuksesan itu tidak akan susah diraih"

"Akan selalu ada seseorang yg berpikir bhw anda tdk bisa sukses. Segera pastikan bahwa seseorang itu bukanlah anda sendiri"

“Spirituality is where people find meaning in their lives. It’s something higher than themselves, though out necessarily attached to religion.”


Share

Info Bisnis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...