My Channel Youtube

Maret 13, 2011

Jujur dalam berbisnis menuju sukses yang berkah


Jujur dalam berbisnis sebuah kata yang mudah diucapkan tetapi sedikit yang menjunjung tinggi nilai kebajikan ini.
Nabi bersabda : "Senantiasalah kalian jujur, karena sesungguhnya kejujuran itu membawa kepada kebajikan dan kebajikan membawa kepada  surga"

Definisi Jujur

kejujuran adalah keselarasan antar berita dengan kenyataan yang ada. Jadi jika suatu berita sesuai dengan fakta dan kenyataan yang ada itulah dikatakan kejujuran. Tetapi jika tidak sesuai dengan berita dan kenyataan yang ada itulah yang dikatakan dusta. Kejujuran itu ada pada perkataan / ucapan, juga ada dalam sebuah perbuatan, sebagaimana jika seseorang berbuat sesuatu perbuatan tentu batinnya akan merasakan apa yang telah diperbuatnya. Hal ini pun berlaku bila kita sebagai pelaku-pelaku bisnis yang baik, tentunya bila batin kita mengatakan ada sesuatu yang kita sembunyikan kepada calon mitra bisnis kita saat ber transaksi bisnis. Itulah yang dikatakan tidak jujur / berdusta. 


Imam Ibnul Qayyim berkata, Iman asanya adalah kejujuran (kebenaran) dan nifaq asanya adalah kedustaan. Maka tentu tidak akan bertemu antara kedustaan dan keimanan melainkan bertentangan satu dengan yang lainnya. 

Keutamaan Jujur dalam Berbisnis

Landasannya adalah " sesungguhnya kejujuran membawa kepada kebajikan"

يأيها الذين امنوا اتقوا الله وكونوا مع الصادقين  

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan
hendaklah kamu bersama orang-orang yang jujur”
(Q.S. al-Taubah: 119)

Sesungguhnya keberlangsungan bisnis yang baik dan bertahan lama adalah bisnis yang dilandasi kerjasama yang baik , keterbukaan , dan kejujuran antara kedua belah pihak.Tidak ada satu pihak diuntungkan sementara pihak lain dirugikan , baik secara langsung ataupun tidak. Coba kita teliti bisnis yang tidak dilakukan atas kejujuran pasti tidak akan bertahan lama, mungkin saja pelaku bisnis yang menggunakan tipu muslihat , segala macam cara ini akan meraih keuntungan yang besar tapi hanya untuk sesaat. Berkata ia bohong, berjanji ia tidak menepati dan terkadang menutupi aib dan kesalahannya. Yakinlah sebuah bisnis  harus dilandasi rasa saling percaya pada orang-orang yang terlibat dalam bisnis tersebut, karena ujung dari semua pencarian bisnis kita adalah limpahan keberkahan atas rezeki yang Alloh SWT berikan. 

Kesuksesan kita berbisnis akan ditentukan oleh berapa banyak orang yang menaruh kepercayaan untuk melakukan bisnis dengan kita. Lihatlah sedikit kebelakang jika makin panjang mereka yang mengikuti jejak kita dalam bisnis kita , itu artinya kita telah berhasil dan sukses menanamkan kepercayaan , integritas dan kredibilitas kita kepada rekan bisnis kita. Tapi jika sebaliknya itu artinya kita gagal berbisnis jujur. Karena kejujuran adalah sebuah integritas , sebuah kunci kesuksesan. Semakin kita tidak berlaku jujur semakin jauh impian sukses kita dalam berbisnis yang penuh keberkahan.

Kejujuran senantiasa membawa kepada keberkahan, sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan Hakim bin Hizam ari Nabi, beliau bersabda, 

Penjual dan pembeli diberi kesempatan berfikir selagi mereka belum berpisah. Seandainya mereka jujur serta membuat penjelasan mengenai barang yang diperjualbelikan, mereka akan mendapat berkah dalam jual beli mereka. Sebailknya, jika mereka menipu dan merahasiakan mengenai apa-apa yang harus diterangkan tentang barang atau produk yang diperjualbelikan, maka akan terhapus keberkahannya.

Semoga bermanfaat dan kita mampu menjadi pelaku-pelaku bisnis jujur untuk kesuksesan sebenarnya.


0 komentar:

Posting Komentar

my Travelling




3 hal untuk menciptakan pasar

1. Jadilah yg pertama,
2. Jadilah yg berbeda atau Unik
3. Jadilah yg terbai
k.


"Kesuksesan bukanlah sebuah hal kebetulan, Sukses adalah hasil rangkaian pemikiran, persiapan, Bertindak, ulet dan gigih. jadikan sebuah kebiasaan maka Kesuksesan itu tidak akan susah diraih"

"Akan selalu ada seseorang yg berpikir bhw anda tdk bisa sukses. Segera pastikan bahwa seseorang itu bukanlah anda sendiri"

“Spirituality is where people find meaning in their lives. It’s something higher than themselves, though out necessarily attached to religion.”


Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...